Senin, 8 Zulhijjah 1439 H / 20 Agustus 2018 M

Mukerwil Ansharusyariah Jabar Soroti Soliditas Keumatan dan Optimalisasi Potensi A’dho


TASIKMALAYA (Ansharusyariah.com) – Jama'ah Ansharusy Syari'ah Wilayah Jawa Barat menggelar Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) ke dua bertema “Membangun Soliditas Menyambut Pertolongan Allah” di Al Fathonah Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (20/1/2018). Acara tahunan itu untuk mengetahui perkembangan serta mengevaluasi seluruh program jamaah yang dijalankan dalam satu tahun terakhir.

Amir Ansharusyariah Jawa Barat, Ustadz Heri Susanto dalam sambutannya mengatakan, setiap anggota jamaah harus memaksimalkan potensinya dalam iqomatuddien.

“Saya berharap untuk internal ini terjalin dan terbina betul solidaritas atau soliditas diantara qiyadah dan a’dho, yang kemudian akan mewujudkan satu langkah-langkah terobosan, upaya-upaya yang signifikan dan kongkrit, aplikasi nyata dalam membantu, mendukung dan memberikan pertolongan-pertolongan kepada islam dan kaum muslimin sehingga akhirnya diantara yang kita harapkan, kita menjadi personal-personal yang menjadi bagian dalam upaya iqamatuddin,” paparnya.

Musyawarah yang berlangsung sehari penuh itu menghasilkan beberapa poin rekomendasi untuk internal jamaah serta ekternal.

Rekomendasi Jama'ah Ansharusy Syari'ah Jabar untuk internal diantaranya, melakukan pembenahan tatanan struktural di semua tingkatannya. Kedua, pembenahan komitmen setiap individu anggota jamaah. Ketiga, mengoptimalkan potensi a'dho disetiap tingkatan struktural jamaah dalam peran kontribusi keummatan. Keempat, meningkatkan kualitas keilmuan setiap a'dho dengan memaksimalkan pelaksanaan program yang telah di gulirkan. Terakhir, meningkatkan dan membuatklasifikasi skill a'dho sesuai bidang dan kemampuannya.

Adapun rekomendasi eksternal antara lain, memperkokoh tansiq (aliansi) yang telah dibangun bersama ummat. Kedua, memaksimalkan sarana dan potensi dakwah dalam rangka membina dan mengarahkan ummat kepada syariah. Ketiga, mengarahkan ummat agar senantiasa berpihak kepada gerakan yang berkomitmen kepada pembelaan agama,penegakan syariah dan Amar Ma'ruf Nahi Munkar.

“Semoga apa yang telah antum curahkan dari pagi tadi sampai sore ini betul-betul menjadi sebuah upaya dan langkah yang allah jadikan sebagai hal yang akan ikut menjadikan mulianya kaum muslimin dan islam yang kita cintai,” tutup Ustadz Heri. (AM)