Ahad, 17 Rajab 1440 H / 24 Maret 2019 M

Bersama GUIB, Ansharusyariah Jawa Timur Gelar Aksi Bela Uyghur


SURABAYA (Ansharusyariah.com) - Jama'ah Ansharusy Syari'ah bersama GUIB (Gabungan Umat Islam Bersatu) Jawa Timur mengikuti Aksi Bela Uyghur pada Jum'at (28/12) di depan Konjen RRC jalan mayjend sungkono surabaya. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada muslim uyghur agar mendapatkan kebebasan dalam menjalankan syariat islam di xinjiang.

Muslimin Uyghur saat ini mendapatkan tekanan dan penyiksaan dari pemerintah cina. Mereka dijebloskan ke dalam kamp re-edukasi kemudian dipaksa melanggar aturan yg ditetapkan syariat islam seperti dipaksa makan babi, minum alkohol dan dilarang beribadah.

Amir Jama'ah Ansharusy Syari'ah Wilayah Jawa Timur, ustadz Hamzah Baya menyatakan bahwa kita harus ikut serta dalam memperjuangkan hak hak muslimin di xinjiang dalam menjalankan syariat islam. Yang dilakukan sekarang merupakan bentuk penindasan kepada minoritas.

"Oleh karena itu kita mendesak kepada pemerintah agar menyatakan sikap dan menekan cina agar menghentikan penindasan dan kekerasan terhadap minoritas muslim di xinjiang." Tegasnya.

Aksi ini dihadiri ribuan umat muslim dari beberapa wilayah surabaya, malang, sidoarjo, jombang, mojokerto, kediri.Mereka membawa atribut bendera, poster dan spanduk bertuliskan menolak kekerasan pada muslim uyghur. (Samsul)