Kamis, 18 Ramadhan 1440 H / 23 Mei 2019 M

Siapkan Du'at Handal, JAS Jawa Timur Adakan Pelatihan Public Speaking


MALANG, Ansharusyariah.com - Sariyah Dakwah Jama'ah Ansharu Syari'ah Wilayah Jawa Timur menggelar pelatihan public speaking untuk para da'i di kampus Magistra Utama Kota Malang, Ahad (10/3/2019). Pelatihan ini diadakan sebagai upaya jamaah untuk melahirkan da'i-da'i berkualitas. 

Panitia menghadirkan trainer profesional, coach Asnando Danu, S.Si dengan menyampaikan materi tentang "Hipnotic Public Speaking".

Dalam paparannya, Asnando menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang da'i tidak percaya diri dalam mengisi ceramah, diantaranya faktor usia audience yang lebih tua, faktor pendidikan audience yang lebih tinggi, dan faktor keturunan.

"Cara agar PD itu dengan 3L, yaitu Latihan, Lakukan Latihan dan Lanjutkan lakukan latihan," paparnya.

"Kuasai materi, da'i harus datang lebih awal, dengan mantab yaitu senyum tatap mata audience baru mulai berbicara, dan berdoa," sambung dia.

Ketua panitia pelatihan, ustad Fuad berharap para dai Ansharusyariah dapat menyampaikan ajaran Islam yang lebih mudah dipahami dan diamalkan oleh umat.

"Terdepan dalam membimbing umat untuk melaksanakan nilai-nilai Islam tersebut, sehingga dapat meminimalisir persoalan maupun problem yang dihadapi umat," ujarnya.

Pelatihan ini ditutup dengan praktik langsung oleh masing-masing peserta untuk memberi tausiyah 1 menit.