Senin, 1 Rabiul Awwal 1439 H / 20 November 2017 M

Profil Jamaah Ansharusy Syariah


Jama’ah Ansharusy Syariah adalah jama’ah minal muslimin yang dibentuk dan bergerak untuk mengamalkan sunnah nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wa salam dalam berjama’ah dan berupaya menegakan Dienullah di muka bumi, khususnya di negeri Nusantara ini.

Jama’ah Ansharusy Syariahberupaya sekuat – kuatnya untuk berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah selaras dengan pemahaman Salafus Sholeh beserta kaidah - kaidah Syar’iyyah yang kokoh sesuai mazhab Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Dengan begitu, hukum bergabungnya individu atau komunitas muslim dalam Jama’ah Ansharusy Syariahtidaklah sama dengan hukum yang berlaku didalam Jama’atul Muslimin yang syar’i. Artinya masuk dan keluarnya individu atau komunitas muslim dalam jama’ah minal muslimin tidak boleh diberlakukan padanya hukum Syar’i sebagaimana saat Khilafah Islamiyah tegak. Dan yang lebih penting adalah tidak bolehnya keanggotaan jamaah diqiyaskan dengan syah atau batalnya keislaman individuatau komunitas muslim tersebut, karena qiyas ini batil adanya.

Namun begitu, Jama’ah Ansharusy Syariah berhak menerapkan aturan dalam penataaan jama’ahnya untuk memberi landasan kedisiplinan berjama’ah bagi para pimpinan dan anggotanya agar terwujud sebuah keteraturan dan penataan jama’ah yang baik dan kokoh. Dimana kita meyakini bahwa Diinul Islam mengajarkan ummatnya untuk dapat meraih kecintaan Alloh Azza wa Jalla melalui amalan-amalan yang ikhlas, rapi, tertata dan kokoh. Sebagaimana yang ditunjukkan oleh nash-nash syar’i dibawah ini:

Firman Alloh Azza wa Jalla :

Artinya : “ Sesungguhnya Alloh menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.( QS. Ash Shoff : 4 )

FirmanNya juga :

Artinya : “Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah Diin dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Alloh menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).”(QS. Asy Syuuro: 13)

Dan juga dalam hadits yang diriwayatkan Imam Baihaqi dari Ummul Mukminin ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha, bahwa Rasululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنّ اللَّهَ تَعَالى يُحِبّ إِذَا عَمِلَ أَحَدُكُمْ عَمَلاً أَنْ يُتْقِنَهُ .

“ Sesungguhnya Allohu Ta’ala mencintai amal seseorang yang dilakukan dengan mengokohkannya. “

 

Garis Besar Visi dan Misi Jamaah Ansharusy Syariah

Visi Jama’ah

Visi Jama’ah Ansharusy Syariah:

“Tegaknya Dienul Islam secara kaffah”

Misi Jama’ah

Untuk merealisasikan Visi jama’ah maka disusunlah rangkaian misi sebagai berikut:

  1. MewujudkanJamaah yang berperan aktif dalam upaya penegakan Dienullah secara Kaaffah
  2. Memahamkan umat manusia terhadap Aqidah Islamiyyah sesuai pemahaman Salafusshalih.
  3. Menyeru umat Islam untuk kembali pada Sunnah Rasululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam dan para Shahabatnya ridhwanullohu ‘alaihim ajma’in sesuai pemahaman Salafussholih.
  4. Menyadarkan umat Islam untuk menghindari sikap ifrath wa tafrith (berlebihan dan meremehkan) dalam beraqidah dan bersyariah Islam.
  5. Menyadarkan umat Islam akan pentingnya mengamalkan sistem hidup berjama’ah dalam rangka iqomatuddin dan beramar ma’ruf nahi munkar.
  6. Membangun kerjasama antar jamaah dalam rangka iqomatuddin dan beramar ma’ruf nahi munkar.
  7. Membangkitkan semangat umat Islam untuk berkorban dengan harta dan jiwa untuk berdakwah dan berjihad menegakkan Dienul Islam.
  8. Mempersiapkan umat Islam untuk mendukung tegaknya Syariat Islam.