Senin, 6 Ramadhan 1439 H / 21 Mei 2018 M

Jama'ah Ansharusy Syari'ah Wilayah Nusra Adakan Bakti Sosial


Bima (ansharusyariah.com) - Ada yang berbeda dengan kegiatan olahraga Jama’ah Ansharusy Syari’ah pada hari Ahad (30/11). Kegiatan yang merupakan agenda rutin dari sariyah hisbah Jama’ah Ansharusy Syari’ah setiap pekannya, kali ini di lanjutkan dengan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada warga Lingk. Kedo Asakota Kota Bima. Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WITA ini, di awali dengan olahraga dan di lanjutkan dengan santunan kepada warga yang kurang mampu di lingkungan tersebut.

Olahraga yang dilakukan merupakan aplikasi nyata dari kegiatan i’dad (persiapan fisik) yang diperintahkan oleh Alloh kepada setiap muslim, sebagaimana firmannya dalam QS. Al-Anfal : 60 : “dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka. Kekuatan apa saja yang kamu sanggupi.”. dan hadits Rasulullah : “Muslim yang kuat adalah lebih disukai dari muslim yang lemah” (H.R Muslim). Sehingga i’dad wajib hukumnya bagi semua umat islam bukan untuk satu atau beberapa kelompok saja.

Dengan kesadaran inilah para anggota merasa sangat bersemangat mengikuti olahraga dan mereka mengiringi kegiatan tersebut dengan menyenandungkan nasyid. Para anggota menyadari betapa pentingnya i’dad yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter atau pribadi muslim yang sehat jasmani dan rohani. Karena dengan sehatnya jasmani dan rohani kegiatan amar ma’ruf nahi mungkar (jihad) dapat dilakukan.

Selepas berolahraga, anggota Jama’ah Ansharusy Syari’ah langsung melanjutkan dengan kegiatan santunan terhadap warga lingk. Kedo Asakota. Ditemani oleh Ketua RT wilayah setempat, para anggota Jama’ah Ansyarus Syari’ah berkeliling menyerahkan santunan berupa sembako.

Menurut Koordinator kegiatan yakni Ustadz Abu Ridho, Beliau mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat sekitar, karena Jama’ah Ansharusy Syariah adalah Jama’ah yang juga perduli terhadap umat pada hari ini, sehingga kita tidak bisa hanya tinggal diam melihat keadaan mereka.

Lebih lanjut beliau memaparkan kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan silaturrahmi antara anggota Jama’ah dengan masyarakat, serta supaya bisa terjalin komunikasi yang lebih baik. Sembako yang dibagikan ini adalah merupakan hasil yang dikumpulkan oleh ikhwan-ikhwan semua.

“Melihat respon dan antusias masyarakat yang tinggi terhadap keberlangsungan kegiatan ini, maka kami berharap supaya kegiatan ini tidak berlangsung kali ini saja, tetapi bisa kita laksanakan di waktu-waktu mendatang. Karena memang masyarakat pada hari ini sedang sangat membutuhkan bantuan pangan serta pakaian, apalagi mereka pada hari ini dihadapkan dengan cuaca yang mulai dilanda hujan” imbuhnya.

Menurut Ibu Nurmi (40 Thn), seorang warga setempat merasa bersyukur serta berterima kasih atas amal bakti yang dilakukan oleh Jama’ah Ansharusy Syari’ah “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Jama’ah Ansharusy Syariah (JAS) atas bantuannya kepada kami, karena memang kami sadari bahwa bantuan ini sangat bermanfaat sekali untuk kami”

Kegiatan Santunan ini disambut hangat oleh warga, anggota Jama’ah menyempatkan diri untuk berfoto bersama masyarakat, dan kegiatan berakhir pada Pukul 11.00 WITA.(Mukhlas, Siraj Tall)