Sabtu, 6 Rabiul Awwal 1439 H / 25 November 2017 M

Jelang Perayaan Natal, Hisbah Jatim Amanar Serentak di 5 Kota


Malang (Ansharusyariah.com) - Menindaklanjuti temun di beberapa pertokoan dan pusat perbelanjaan di Jawa Timur, Sariyah Hisbah Jawa Timur Jama’ah Ansharusy Syariah berniat untuk memberikan seruan dan himbauan. Seruan dan himbauan ini diperuntukkan kepada para pemilik usaha.

Beberapa fakta yang ditemukan oleh tim Hisbah di lapangan adalah, masih adanya pegawai muslim di beberapa pertokoan dan pusat perbelanjaan yang memakai atribut natal. Beberapa fakta tersebut diantaranya ditemukan di Kota Surabaya dan Kota Mojokerto.

Berdasarkan temuan tersebut, seruan dan himbauan yang diberikan kepada para pemilik usaha, berisi tentang pelarangan memaksa para pegawainya yang muslim memakai Atribut natal, di Bulan Desember 2015 ini.

Pernyataan di atas disampaikan oleh Katib Hisbah Wilayah, Ustadz Hilman saat monitoring lapangan , di beberapa pusat perbelanjaan di Kota Malang. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa, sebelum aksi Amanar (amar ma’ruf nahi munkar) ini, tim Hisbah di seluruh mudiriyah, yaitu di Kota Malang, Surabaya, Mojokerto, Blitar dan Jember di instruksikan untuk sosialisasi terlebih dahulu ke MUI setempat.

"Aksi Amanar tahun ini kita mulai dari tanggal 14 bulan Desember dengan sosialisasi dan berdakwah ke pemilik toko maupun manajemen mall tentang fatwa MUI Jatim, yang dikeluarkan tahun 2014 tentang pelarangan bagi pemilik usaha memaksa pegawainya yang muslim memakai atribut natal" tegas Ust. Hilman kepada wartawan Jurnal Islam.

"Tujuan kegiatan Amanar serempak di 5 Kota ini, karena masih banyak Umat Islam yang belum faham tentang apa itu Natal dengan segala bentuk perayaannya, dan juga sebagai bentuk kepedulian kita ke umat Islam di Jawa Timur." Terang beliau di akhir wawancara . (Findra)