Senin, 1 Rabiul Awwal 1439 H / 20 November 2017 M

Sariyah I'lam Wilayah Banten Gelar Dauroh Jurnalistik Dasar


SERANG (Ansharusyariah.com) - Sariyah i'lam wilayah Banten mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar di TPA al-Muhajirin, Salira, Serang, Sabtu (24/9/2016). Menghadirkan Redaktur  jurnalislam.com, Muhammad Fajar sebagai pemateri.
 
Amir Jama'ah Ansharusy Syari'ah wilayah Banten, Ustadz Umar mengatakan, di zaman derasnya arus informasi, dibutuhkan jurnalis Islam handal untuk mengimbangi arus pemberitaan yang dinilainya cenderung menyesatkan umat.
 
"Saya berharap besar ada daripada kita yang berpotensi untuk turun di bidang ini. Meluruskan opini yang salah dan menjadikannya media dakwah efektif," katanya di sela-sela acara.
 
Selaras dengan nasihat Ustadz Umar, Fajar mengatakan, untuk menjadi jurnalis handal, harus dapat membuat berita yang baik dan benar. Sesuai kaidah-kaidah jurnalistik, terlebih jurnalistik islam.
 
"Cara membuat berita yang baik harus memenuhi unsur 5W+1H. Jika tidak ada unsur itu tidak bisa dikatakan sebuah berita. Menulis dengan kaidah Islam yang ada dalam nash Qur'an tidak boleh dihiraukan," terangnya.
 
Fajar menilai peran media sekarang sangat dibutuhkan umat. Media tidak bisa dipisahkan dalam kancah peperangan, terutama peperangan pemikiran dan opini.
 
"Lihat media mainstream sekarang, terlihat jelas posisi mereka dimana, menggiring dan membohongi umat dari kebenaran," ujar anggota Jurnalis Islam Bersatu itu.
 
Dauroh jurnalistik berakhir di sore hari, dengan agenda materi yang padat dan praktik penulisan serta wawancara, diharapkan peserta dapat terbiasa untuk terjun di dunia tulis-menulis. (Fahrizal)