Senin, 1 Rabiul Awwal 1439 H / 20 November 2017 M

Pembinaan Akhlaq Anggota Melalui Kajian Minhajul Hayah


MALANG (Ansharusyariah.com) - Ada yang berbeda pada kajian Minhajul Hayah pada Ahad pagi, 26 april 2015. Pada kajian kali ini Jama’ah Ansharus Syariah Imaroh Wilayah Jawa Timur mengumpulkan seluruh anggotanya dari seluruh Mudiriyah, yaitu Mudiriyah Surabaya, Malang, Mojokerto, Blitar, dan Jember. Seluruh anggota Jama'ah berkumpul di masjid Ukhuwah,kecamatan Dau, Kota Malang.

Para anggota jamaah yang hadir sangat antusias dan bersemangat mengikuti kajian, karena bisa bertemu dan bertatap muka dengan saudaranya se-jawa timur. Acara yang di buka oleh Ust. Fu’ad Ibrahim dan setelah itu di teruskan dengan penyampaian materi oleh Ust. Ismail selaku Qoid sariyah tarbiyyah Markaziyah.

Ust. Ismail menerangkan bahwa kita dalam berjama'ah ini ibarat bangunan yang kokoh, dimana setiap anggotanya saling tolong menolong, jika saudaranya sakit, maka yang lain juga merasakan serupa.dan hendaknya setiap muslim tidak boleh membuka Aib saudaranya sesama muslim. Beliau meyitir sebuah hadist sebagai penguat yang berbunyi. Barang siapa yang melepaskan seorang mukmin dalam suatu duka di dunia maka Allah akan melepaskanya dari kedukaan di hari kiamat. Dan barang siapa memudahkan orang yang kesulitan niscaya Allah akan mudahkan di dunia dan Akherat. Dan barang siapa yang menutup Aib seorang muslim niscaya Allah akan menutupi Aibnya di Dunia dan Akherat. Dan Allah itu akan senangtiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya.”(Hadist diriwayatkan oleh Muslim).“

Dalam kesempatan tersebut, Ust. Hamzah Baya selaku Amir Jamaah Ansyarus Syariah Wilayah Jawa Timur memberikan sedikit tausiyah kepada ikhwan-ikhwan keseluruhan. “Dalam hidup ini kita saling mema’afkan antar sesama muslim, sabar dalam berjalan dan selalu istiqomah dalam Iqomatudid ini."Ujar Ust. Hamzah.

Senada dengan Ust. Hamzah Baya, Amir Jama’ah Ansyarusy Syari’ah (JAS), Ust Muhammad Ahcwan menjelaskan.”Kita harus siap menyongsong bangkitnya kembali Khilafah ala Minhajin Nubuwah. Jamaah ini dalam pilihan Allah, Allah tidak akan menolong yang tidak mau Berjuang di jalannya seperti (QS. At Taubah Ayat 40). Di masing-masing kita harus lebih baik, dari pada hari-hari kemarin, dan di antara kita harus saling nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menatapi kebenara,”(QS. An Ashr).”terang belia.

Acara kajian Minhajul Hayah yang di mulai pada pukul 9:00 pagi, Berakhir jam 15:00 sore sa’at waktu sholat asyar tiba, dan di tutup oleh Ust. Hamzah Baya sebagai Amir wilayah Jawa Timur Jama'ah Ansharusy Syariah. (Abu Najiyah/Ansyarusyariah.com)

Sariyah Tarbiyah sebelumnya: