Senin, 1 Rabiul Awwal 1439 H / 20 November 2017 M

Tugas Kita adalah Mentarbiyah Umat Kembali pada Pemahaman Islam Komprehensif


TASIKMALAYA (Ansharusyariah.com) – Amir Jamaah Ansharusy Syariah, Ustadz Muhammad Achwan mengatakan, kondisi umat Islam di akhir zaman telah mengalami pergeseran. Hal tersebut disebabkan karena kebodohan (tentang agama) yang membuat umat Islam mencintai dunia dan takut mati.

“Ini penyakit kronis yang melanda umat Islam di akhir zaman. Nah, penyakit (kebodohan) ini harus dihilangkan, yaitu kita harus menggapai umat untuk menyadarkan mereka. Tugas kita adalah bagaimana proses penyadaran terhadap umat supaya memahami Islam secara komprehensif jangan separuh-separuh,” terangnya usai acara pertemuan bulanan Jamaah Ansharusy Syariah Jawa Barat di Tasikmalaya, Jawa Barat, pekan lalu.

Menurutnya, umat di akhir zaman telah bertindak atas dasar kebodohan dan kepentingan dunia. “Kalau sudah ada kepentingan dunia, tidak akan selesai persoalannya. Terorisme itu gak pernah selesai karena ada kepentingan. Oleh karena itu umat harus ditarbiyah, dan itu tugas kita,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut dia, umat Islam di akhir zaman mendapat nilai lebih di hadapan Allah SWT. Ustadz Achwan mengutip hadits Rasulullah yang menyamakan satu orang beriman di akhir zaman dengan 50 orang sahabat.

“Kita digembirakan oleh statemen Rasulullah, dalam kondisi seperti ini (akhir zaman) Rasulullah memerintahkan kita untuk tetap teguh mengikuti sunnah, maka kita akan senilai dengan 50 sahabat,” tuturnya.

Lebih jauh, ustadz Achwan menuturkan, kondisi umat Islam juga diperparah oleh upaya pembusukan terhadap Islam yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam.

“Oleh karena itu, elemen umat Islam harus bersatu. Kita dialog dalam rangka menyatukan pemikiran terkait musuh bersama yang harus dihadapi oleh umat Islam itu,” pungkasnya. (LH/AM)