NewsYANMAS

Bekerjasama dengan BPBD, Yanmas Ansharu Syariah Tasikmalaya Gelar Pelatihan Manajemen Kebencanaan

TASIKMALAYA (ansharusyariah.com)- Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Jama’ah Ansharu Syariah Tasikmalaya menggelar pelatihan Manajemen Kebencanaan dengan tema ‘Peran Yanmas Ansharu Syariah dalam menghadapi Bencana’.

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 30 orang yang berasal dari setiap Majmu’ah yang ada di Mudiriyah Tasikmalaya.

Pelatihan tersebut bekerjasama dengan BPBD Kota Tasikmalaya dan dilaksanakan di Kampung Hawu Kawasan objek wisata Karangresik Kota Tasikmaya, pada sabtu (23/10/2021).

Materi yang disampaikan berupa teori dan simulasi terkait penangangan bencana alam dan non alam. Pemateri dari BPBD Dadang M Romdon mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangat bagus diadakan dan merupakan program dari BPBD dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebencanaan.

“Saya senang sekali acara seperti ini, karena sudah muncul kesadaran dari masyarakat mengenai bencana,” terangnya.

“Dan saya bangga kepada Yanmas Ansharu Syariah karena selain bergerak dalam dakwah, juga bergerak dibidang sosial dan kebencanaan, itu sangat membantu tugas kami di BPBD,” imbuh Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Tasik tersebut.

Sementara itu, ketua pelaksana pelatihan Aceng Suryana yang juga Qoid Sariyah Hisbah Mudiriyah Tasikmalaya mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skil relawannya dalam menghadapi bencana, dan juga untuk membangun sinergitas antara Yanmas Ansharu Syariah dengan BPBD dalam penanganan bencana, khususnya di kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

Aceng juga berharap dengan pelatihan ini skil relawan Yanmas bisa meningkat dalam kesiapsiagaannya menghadapi bencana.

“Mudah-mudahan skil relawan meningkat, bisa diaplikasikan dalam penanganan jika terjadi bencana khususnya di Tasikmalaya,” terangnya.

Pelatihan diakhiri dengan kegiatan outbond sebagai hiburan para relawan dan juga untuk meningkatkan kekompakan antar relawan.

 

Reporter: Rifqi Azkiya

Lihat lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button