Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat Edisi 146: “Cobaan Dalam Kehidupan Dakwah”

Materi Khutbah Jumat Edisi 146 tanggal 9 Muharram 1439 H ini dikeluarkan oleh

Sariyah Da’wah Jama’ah Ansharusy Syari’ah dapat download di:

 

 

Cobaan Dalam Kehidupan Dakwah

(Dikeluarkan Oleh Sariyah Dakwah Jama’ah Ansharusy Syari’ah)

 

KHUTBAH PERTAMA

 

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ وَلاَ رَسُوْلَ بَعْدَهُ، قَدْ أَدَّى اْلأَمَانَةَ وَبَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَنَصَحَ اْلأُمَّةَ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِهِ حَقَّ جِهَادِهِ

اَلصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ سَلَكَ سَبِيْلَهُ وَاهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. وَقَالَ: وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

وَقَالَ النَّبِيُ: اِتَّقِ اللهَ حَيْثُ مَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بَخُلُقٍ حَسَنٍ. (رواه الترمذي، حديث حسن)

Jama’ah Jum’at  hamba Allah yang  dirahmati Allah SWT.

Segala puji bagi Allah SWT, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Khotib berwasiat kepada diri sendiri khususnya dan jama’ah sekalian marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, semoga kita akan menjadi orang yang istiqamah sampai akhir hayat kita.

MA’ASYIROL MUSLIMIN RAHIMANI WA RAHIMUKUMULLAH!!!

Cobaan merupakan sebuah fenomena yang mesti dialami oleh setiap pergerakan Islam, mulai dulu sampai sekarang. Islam adalah dakwah pendurhakaan/penentangan terhadap fenomena kejahiliahan/kesesatan dalam berbagai bentuk dan formatnya, pendurhakaan terhadap berbagai tradisi, pemikiran, dan pandangan jahiliyah, serta pendurhakaan terhadap sistem dan syariatnya. Keunikan yang menjadi karakteristik Islam ini telah menyebabkan pergerakan Islam paling sering dihadapkan kepada berbagai bentuk cobaan. Konsekuensinya, keunikan ini telah menjadikan cobaan memiliki konsep dan pemahaman tersendiri di dalamnya. Tidak ada pergerakkan kepartaian atau pergerakan politik lain yang menyerupai pergerakan Islam.

Cobaan Merupakan Pendidikan dan Ujian

Cobaan merupakan salah satu faktor terpenting dalam membina dan mendidik umat Islam. Berbagai konsep atau teori tidak bernilai apa pun tanpa cobaan. Keutamaan jiwa manusia yang selamat dan kekebalannya terhadap berbagai bahaya –dalam banyak hal– menuntut jiwa untuk sering berhadapan dengan berbagai kesulitan dan cobaan, sehingga dia memperoleh kekuatan dan ketahanan, kekukuhan dan ketahanan yang memungkinkannya menghadapi berbagai kendala dan bencana.

Keimanan itu sendiri membutuhkan cobaan untuk mengetahui sejauh manakah kekuatan dan kekukuhannya. Keimanan yang kuat itulah yang akan mampu menjadi sandaran dalam situasi dan kondisi sulit, sedangkan keimanan yang lemah akan cepat hancur. Maha benar Allah ketika berfirman:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ فَإِذَا أُوذِيَ فِي اللَّهِ جَعَلَ فِتْنَةَ النَّاسِ كَعَذَابِ اللَّهِ وَلَئِنْ جَاءَ نَصْرٌ مِنْ رَبِّكَ لَيَقُولُنَّ إِنَّا كُنَّا مَعَكُمْ أَوَلَيْسَ اللَّهُ بِأَعْلَمَ بِمَا فِي صُدُورِ الْعَالَمِينَ (10) وَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْمُنَافِقِينَ (11)

Dan di antara manusia ada orang yang berkata: “Kami beriman kepada Allah”, Maka apabila ia disakiti (karena ia beriman) kepada Allah, ia menganggap fitnah manusia itu sebagai azab Allah[1]. dan sungguh jika datang pertolongan dari Tuhanmu, mereka pasti akan berkata: “Sesungguhnya Kami adalah besertamu”. Bukankah Allah lebih mengetahui apa yang ada dalam dada semua manusia? Dan Sesungguhnya Allah benar-benar mengetahui orang-orang yang beriman: dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang munafik. (QS.Al-‘Ankabut: 10-11)

Untuk itu, setiap pengakuan harus dibuktikan. Keimanan adalah sebuah pengakuan yang membutuhkan pembuktian. Keteguhan dalam menghadapi cobaan merupakan salah satu fenomena keimanan dan bukti eksistensi kekukuhannya.

Allah berfirman:

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ (2) وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ (3)

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (QS. Al-‘Ankabut: 2-3)

Cobaan orang-orang terdahulu

Demikianlah sunnatullah berlaku. Kebenaran selalu berada dalam pertarungan abadi dengan kebatilan. Setiap kali cahaya datang menyinari kebenaran, maka lebah-lebah malam pun saling bersahutan karena sentuhannya.

Allah berfirman:

وَأَنَّهُ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللَّهِ يَدْعُوهُ كَادُوا يَكُونُونَ عَلَيْهِ لِبَدًا (19) قُلْ إِنَّمَا أَدْعُو رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِهِ أَحَدًا (20)

Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya. Katakanlah: “Sesungguhnya aku hanya menyembah Tuhanku dan aku tidak mempersekutukan sesuatupun dengan-Nya”.” (QS.Al-Jin:19-20)

يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya. (QS. Ash-Shaff: 8)

Semenjak kekhalifahan pertama, semenjak nabi pertama, semenjak kebajikan dan keburukan dilahirkan, dan semenjak perseteruan abadi antara keduanya, realitas yang senantiasa terulang secara kontinu dan tampak dengan jelas adalah, bahwa kebenaran selalu menang dari kebatilan, sedangkan kebatilan selalu kalah.

وَلَقَدْ سَبَقَتْ كَلِمَتُنَا لِعِبَادِنَا الْمُرْسَلِينَ (171) إِنَّهُمْ لَهُمُ الْمَنْصُورُونَ (172) وَإِنَّ جُنْدَنَا لَهُمُ الْغَالِبُونَ (173)

Dan Sesungguhnya telah tetap janji Kami kepada hamba-hamba Kami yang menjadi rasul. (yaitu) Sesungguhnya mereka Itulah yang pasti mendapat pertolongan. Dan Sesungguhnya tentara Kami[2] Itulah yang pasti menang.(QS.Ash-Shaffat:171-173)

Harga Sebuah Aqidah

Cobaan semakin berat dalam medan dakwah. Kepemimpinan umat pun beralih kepada para pemimpin atau penguasa yang jahat. Mereka menangkap, mengintimidasi, mengkriminalisasi dan menganiaya kaum mukminin dengan siksaan yang berat. Kaum lelaki dibunuh, sedangkan para wanitanya dibiarkan. Berbagai kemungkinan dilakukan terhadap mereka.

Allah berfirman:

وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

“Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. dan Allah Sebaik-baik pembalas tipu daya.”(QS. Al-Anfal:30)

Jama’ah Jum’at  hamba Allah yang  dirahmati Allah SWT.

Benar, para juru dakwah Islam harus membayar aqidahnya dengan harga mahal. Dan mereka membayarkannya dengan kedermawanan, darah, dan pengorbanan sebagai syuhada.

Tidaklah pantas bagi jamaah untuk mengundurkan diri, padahal mereka telah menerima tanggung jawab sebelum memikulnya, serta telah menyadari berbagai konsekuensi sebelum mereka menempuhnya.Makar telah dilakukan oleh orang-orang Islam sendiri dan musuh-musuhnya. Segenap kekuatan Timur dan Barat telah dikerahkan untuk menghancurkan Islam. Dan untuk itu pula, telah dipersiapkan pasukan lengkap, dana yang besar, kaum misionaris, pena, buku dan jaringan informasi yang canggih.

Para pemimpin jahiliyah tidak takut apa pun selain Islam. Bagi mereka, Islam adalah ancaman dan bahaya besar. Mereka menyadari bahwa kemenangan pergerakkan Islam mengharuskan mereka untuk menyingkap segala rahasia kemenangan itu, melakukan tipu-daya terhadap mereka dan berikutnya melenyapkan mereka –umat Islam– dari percaturan dunia melalui skenario tipu-daya, upaya penyesatan, dan penghancuran selama-lamanya.

Jamaah Jum’at  hamba Allah yang  dirahmati Allah SWT.

Bagaimana kita menghadapi cobaan

Sekarang, pergerakkan Islam tengah menghadapi berbagai tantangan dan tekanan, serta tengah berupaya untuk menghadapi orang-orang jahat. Oleh sebab itu, pergerakkan Islam harus tetap tegar, teguh, dan istiqamah. Konsekuensinya, perjalanan pergerakkan Islam harus selalu berada di atas hidayah, jangan sampai perjalanannya dikontrol oleh selain hidayah.

Jamaah Jum’at  hamba Allah yang  dirahmati Allah SWT.

Pergerakkan Islam harus menghadapi perang terbuka yang dilakukan terhadap Islam dan umatnya, dengan format dan strategi yang baik, dengan persiapan sempurna, dan perencanaan yang matang untuk setiap langkahnya.

Di zaman modern, pergerakkan Islam harus mampu menanamkan semangat berjuang dan jiwa rela berkorban dalam jiwa anggotanya. Hal itu dilakukan dengan cara memberikan tanggung jawab dan tugas-tugas kepada mereka dari waktu ke waktu, sehingga sepanjang zaman mereka terbiasa dengan keberanian, semangat juang, dan jiwa rela berkorban. Dengan demikian, segala kelemahan, sifat penakut, dan pengecut akan tercabut dari jiwa mereka.

Dalam aspek tarbiyah dan pembinaan, pergerakkan Islam harus mampu secara tepat memikulkan besarnya tanggung jawab dan saratnya beban yang menanti pergerakkan sendiri dan para aktivisnya. Dengan demikian, pergerakkan bisa mentarbiyah dan membina mereka dengan segala sesuatu yang membuat mereka mampu mengarungi kehidupan yang penuh perjuangan, kehidupan yang menuntut keteguhan dan keuletan, serta melepaskan mereka dari segala stagnasi dan kehidupan yang kotor.

Pada tahap ini, Islam sangat membutuhkan orang-orang yang progresif dan memiliki keberanian yang matang. Stagnasi, kebodohan, dan ketakutan tidak memiliki tempat dalam Islam. Peperangan yang diarungi oleh Islam sekarang sama sekali tidak membutuhkan orang-orang stagnan, bodoh, dan penakut!

Oleh karena itu, wahai orang-orang yang mampu memikul tanggung jawab, majulah kalian. Wahai ksatria perang, majulah ke medan perang. Tepat sekali sebuah perkataan: ”Allah memberikan rahmat-Nya kepada orang yang mengetahui kemampuannya, lantas berbuat sesuai kemampuannya.”[3]

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ

Wallahul muwaffiq.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَالْعَصْرِ، إِنَّ الإِنسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ، إِلاَّ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

 

KHUTBAH KEDUA

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

جَمَاعَةَ الْجُمُعَةِ، أَرْشَدَكُمُ اللهُ. أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهُ، وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا وَيَرْزُقُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ، وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ.اَللَّهُمَ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ.اَللَّهُمَّ انْصُرِ الْمُجَاهِدِيْنِ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ وَزَمَانٍ

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ.رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ اْلأَبْرَارِ.رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِن قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ، وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.اَللَّهُمَّ إِنَا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَجَنَّتَكَ وَنَسْأَلُكَ شَهَادَةً فِيْ سَبِيْلِكَ.اَللَّهُمَّ أَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُبْتَدِعَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ أَعْدَائَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ

اَللَّهُمَّ شَتِّتْ شَمْلَهُمْ وَمَزِّقْ جَمْعَهُمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَلْقِ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ.اَللَّهُمَّ عَذِّبْهُمْ عَذَابًا شَدِيْدًا وَحَسِّبْهُمْ حِسَابًا ثَقِيْلاً.رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

[1]Maksudnya: orang itu takut kepada penganiayaan-penganiayaan manusia terhadapnya karena imannya, seperti takutnya kepada azab Allah, karena itu ditinggalkannya imannya itu.

[2] Yang dimaksud dengan tentara Kami disini ialah Rasul beserta pengikut-pengikutnya.

[3]Fathi Yakan, (Solo: PT. ERA ADICITRA INTERMEDIA, 2010),  Musykilatud Da’wah wad Daiyah, terj.Memotret wajah dakwah. Hal.46.

Lihat lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button