YANMAS

Bantu Masyarakat, Yanmas Ansharu Syariah Bersihkan Lumpur Pasca Banjir Bandang di Pati

PATI (ansharusyariah.com)- Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Ansharu Syariah Semarang adakan kegiatan sosial bersih-bersih rumah warga yang terendam lumpur akibat banjir bandang di Desa Bulumanis, Kecamatan Margoyoso, Pati, pada Ahad (17/7/2022).

Bencana tersebut dikarenakan deras hujan mengguyur wilayah Lereng Gunung Muria yang menjadi hulu sejumlah sungai di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, waktu lalu.

Sehingga menyebabkan tanggul beberapa sungai jebol dan menyebabkan banjir bandang dan beberapa rumah hanyut.

Feriyanto koordinator lapangan mengatakan kondisinya lumayan parah, selain genangan lumpur yang tinggi juga beberapa rumah hilang dan rusak parah.

“Tiga rumah hancur tinggal pondasi, enam rumah rusak berat, beberapa rumah rusak sedang dan ringan dan terendam lumpur, ” katanya.

Dalam aksi yang dilakukan Yanmas Ansharu Syariah bersama lembaga lain di Semarang itu, para relawan melakukan pembersihan lumpur yang masuk ke rumah warga.

“Siang ini kita agendakan bersih-bersih di rumah warga yang terendam banjir, kita angkut lumpur drngan songkro (gerobak) ke tempat yang aman,” ucapnya.

Yuda, Salah satu warga yang rumahnya terendam lumpur mengaku sangat terbantu sekali, dengan adanya relawan terasa ringan, karena membutuhkan tenaga yang cukup berat untuk mengangkut lumpur-lumpur keluar rumah.

“Terimasih banyak atas bantuanya,” ucapnya kepada relawan.

Kedepan Yanmas Ansharu Syariah Semarang akan membuka open donasi untuk nembantu pembangunan rumah warga yang rusak.

Lihat lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button