NewsYANMAS

Yanmas Ansharu Syariah Berbagi Kebahagiaan Dengan Umat Muslim Muara Adang Kalimantan

SAMARINDA (ansharusyariah.com)- Semangat berbagi di akhir bulan ramadhan terus dilakukan tim Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Ansharu Syariah Samarinda. Sore itu, pada kamis, (21/5/2020) beberapa relawan Yanmas sibuk mengemas paket nasi dan takjil untuk berbuka.

Sebanyak 25 paket nasi box dan takjil diberikan untuk anak anak yang membutuhkan di panti asuhan Yayasan Yatim Indonesia tepatnya di jalan Suryanata, Samarinda.

Senyum ceria terpancar dari pengurus panti asuhan saat menerima bantuan nasi paket nasi box dan takjil untuk anak anak berbuka puasa.

Menjelang tarawih malam itu, relawan Yanmas Ansharu Syariah Samarinda mendapatkan kabar pilu dari saudara muslim yang berada di pelosok Pulau Kalimantan.

Tepatnya di dusun Rantau Belimbing, desa Sebakung, Muara Adang, kecamatan Long Ikis, kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Banyak warga muslim disana dikabarkan hidup dalam serba keterbatasan, bahkan sekedar untuk membayar zakat fitrah pun mereka harus menunggu dari beras fitrah yang mereka terima.

Kendati demikian, umat Islam di Muara Adang tetap antusias untuk bisa berzakat di setiap bulan suci ramadhan. Mereka menaruh harap yang tinggi kepada Allah, agar dibersihkan dan disucikan hartanya meski harus bekerja keras untuk bisa mengumpulkan 3 kg beras perjiwa.

Kondisi semakin sulit harus dirasakan umat Islam di Muara Adang saat wabah pandemi covid-19 muncul di Indonesia beberapa bulan yang lalu.

Banyak dari mereka yang harus kehilangan pekerjaan dan membuat otak harus berfikir keras agar tetap bisa bertahan hidup dalam kondisi yang serba tak menentu.

Kondisi itulah yang mendorong Yanmas Ansharu Syariah Samarinda untuk bisa membantu meringankan beban saudara muslim di Muara Adang.

“Yayasan Darul Fahana yang kebetulan asatidznya ada disana berbagi kisah pilu ini kepada kami, mendengar itu segera kami rapatkan agar arus Zakat Fitrah insyaallah harus sampai ke mereka (warga Muara Adang-red),” kata salah satu relawan Yanmas Ansharu Syariah Widodo.

Berbagi Kebahagiaan

Keesokan harinya, tepatnya pada hari jum’at, (22/5/2020) relawan Yanmas Ansharu Syariah Samarinda menyalurkan beras zakat untuk warga Muara Adang.

“Alhamdulillah sekitar 71 paket beras segera merapat ke Muara Adang, dimana perpaketnya kita isi dengan 5 kg beras,” kata koordinator aksi Giar.

Ia berharap, Zakat Fitrah yang disalurkan itu bisa meringankan masyarakat Muara Adang agar senyum kebahagiaan terpancar saat hari raya Idul Fitri 1441 H.

“Semoga Zakat Fitrah yang tersalurkan ini menjadikan saksi bahwa kita semua umat Islam komitmen memastikan merata berbahagia di hari kemenangan,” tandasnya.

Reporter: Endrik

Lihat lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close