NewsYANMAS

Yanmas Dirikan WC dan Mushola Darurat untuk Pengungsi di Kampung Wargaluyu

CIANJUR (ansharusyariah.com)- Hingga hari ke 9 pasca gempa M5,6 Cianjur, posko Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Jamaah Ansharu Syariah masih siaga membantu warga penyintas di Kp. Wargaluyu Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur.

Pada hari Rabu (27/11/2022) relawan Yanmas mendirikan WC dan mushola darurat untuk warga pengungsian Kampung Wargaluyu.

Jumlah pengungsi di Kampung Wargaluyu sendiri sebanyak 310 jiwa yang berasal dari 3 RT. Untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus warga harus mengantri di WC milik warga lainnya yang rumahnya masih bisa pergunakan. Itupun mereka harus berjalan dulu beberapa ratus meter.

“Untuk itu kami berinisiatif membuat kamar mandi darurat yang hanya diperuntukkan untuk mandi dan cuci saja. Sementara untuk kakus kami belum mendapatkan izin tempat. Tapi Insha Alloh akan segera dibuatkan kalau sudah ada izin,” kata komandan Posko Yanmas, Depi.

Mushola darurat yang dibagun relawan Yanmas Ansharu Syariah bersama warga

Yanmas juga mendirikan mushola darurat agar warga dapat mendirikan sholat berjamaah di dekat tenda pengungsian.

“Mushola sedang dalam proses, Insha Alloh hari ini selesai,” kata Depi.

Mushola darurat yang dibuat dari bambu dan terpal itu berukuran 5×5 meter dan didirikan tidak jauh dari pengungsian warga.

“Alhamdulillah kami terbantu sekali dengan adanya Posko Yanmas di kampung kami. Alhamdulilla juga sejauh ini kami tidak kekurangan logistik,” kata salah seorang warga Wargaluyu.

Ratusan warga Wargaluyu menetap di tenda-tenda pengungsian yang didirikan di areal persawahan. Kondisinya cukup memprihantinkan, apalagi saat hujan. Tanah di sekitar tenda becek dan berlumpur.

Reporter: Rifqi

Lihat lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button