Khutbah Jumat Edisi 335 | Hikmah dan Ibrah Peristiwa Isra dan Mi’roj
Dikeluarkan Oleh Sariyah Dakwah Jama’ah Ansharu Syari’ah
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ وَلاَ رَسُوْلَ بَعْدَهُ، قَدْ أَدَّى اْلأَمَانَةَ وَبَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَنَصَحَ اْلأُمَّةَ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِهِ حَقَّ جِهَادِهِ.
اَلصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ سَلَكَ سَبِيْلَهُ وَاهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. وَقَالَ: وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى.
وَقَالَ النَّبِيُ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُ مَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بَخُلُقٍ حَسَنٍ. (رواه الترمذي، حديث حسن).
Jamaah Jum’at hamba Allah yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, dan para sahabatnya.
Khotib berwasiat kepada diri sendiri khususnya dan jama’ah sekalian marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, semoga kita akan menjadi orang yang istiqamah sampai akhir hayat kita.
Ma’asyirol Muslimin Rahimani Wa Rahimukumullah…
Isra’ Mi’raj menyimpan banyak hikmah dan ibrah bagi orang-orang yang berakal sehat. Isra’ adalah perjalanan Nabi Muhammad ﷺ dari Masjid al-Haram di Mekkah ke Masjid al-Aqsha di al-Quds, Palestina. Sedangkan Mi’raj adalah naiknya Rasulullah ﷺ menembus lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak bisa dijangkau oleh semua makhluk, malaikat, jin dan manusia. Dan perjalanan itu berlangsung hanya semalam.
Di balik keagungan mu’jizat ini, ada hikmah dan ibrah yang patut untuk direnungkan dan diaplikasikan. Tahun ini umat Islam kembali memperingati peristiwa Isra Mi’raj pada 27 Rajab 1444 H yang insyaAllah jatuh bertepatan dengan hari Sabtu, 18 Februari 2023 berdasarkan SKB 3 Menteri.
Sejarah, mencatat, bahwa dalam kehidupannya, Nabi Muhammad ﷺ pernah diisra’kan dan dimi’rajkan oleh Allah ﷻ. Isra’ artinya diperjalankannya Nabi Muhammad ﷺ di waktu malam dari masjid al-Haram di Makkah, ke Masjid al-Aqsha di Palestina. inilah yang disebutkan di dalam surat Bani Israil (17) ayat 1 sebagai berikut:
سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ
Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. al-Isra,’ 17:1).
Sedangkan Mi’raj (al-‘uruj) artinya dinaikkannya Nabi Muhammad ﷺ oleh Allah ﷻ dari Masjid al-Aqsha ke langit dunia, kemudian ke Mustawa dan terus ke Shidrat al-Muntaha. Peristiwa mi’raj ini antara lain dinyatakan dalam firman Allah ﷻ:
Artinya: Dan Dia pada saat itu berada di ufuk yang tinggi, kemudian Dia mendekat, kemudian diberi petunjuk, maka antara keduanya berada di antara dua busur anak panah, atau lebih dekat, maka Ia mewahyukan kepada hamba-Nya apa yang diwahyukan. Dia tidak pernah berdusta terhadap apa yang dilihatnya. (Q.S. al-Najm, 53:7- 11).
Peristiwa Isra’ dan Mi’raj diabadikan di dalam al-Qur’an dan juga dalam hadis Nabi Muhammad ﷺ, untuk dipahami, dihayati dan diamalkan pesan-pesan ajaran yang terkandung di dalamnya guna meningkatkan kualitas kehidupan kita sebagai orang-orang yang beriman. Ajaran-ajaran tersebut secara singkat dapat dikemukakan sebagai berikut:
Pertama, Isra’ dan Mi’raj mengandung ajaran tentang keimanan yang kokoh dan transformatif. Yaitu sebuah pesan yang mengingatkan bahwa hidup yang bertujuan, bermakna atau bernilai luhur adalah hidup yang dilandasi oleh keyakinan dan kepercayaan yang mendalam, bahwa apa pun yang terjadi di dunia ini karena kehendak dan kasih sayang Allah ﷻ, karena Dia-alah pencipta alam, termasuk pencipta diri kita semua; dan Dia-lah yang akan menilai dan meminta pertanggung jawaban kita di akhirat nanti.
Hidup tanpa iman adalah hidup yang hampa, tidak memiliki arah dan tujuan yang luhur, rapuh dan sangat mudah tergelincir pada kehidupan yang membahayakan bagi dirinya, masyarakat, bangsa, negara, bahkan dunia.
Kedua, pembekalan dakwah yang tangguh. Sebelum peristiwa Isra’ Mi’raj, orang-orang yang Nabi cintai dan mendukung misi dakwahnya sepenuh hati silih berganti meninggal dunia, di sisi lain penindasan kaum Quraisy semakin hebat. Ujian bertubi-tubi yang Allah lakukan ini agar Nabi benar-benar tangguh dalam berdakwah.
Ketiga, menyampaikan kebenaran meskipun pahit. Begitu pagi setelah malam Isra’ Mi’raj, Nabi mengabarkan apa yang baru dialaminya ke penduduk Makkah. Praktis, banyak orang yang tidak percaya dengan kabar ‘tidak masuk akal’ ini. Ini menunjukkan bahwa kebenaran harus tetap disampaikan, meskipun banyak mendapat penolakan.
Keempat, Isra’ Mi’raj mengandung ajaran tentang pembinaan mental yang dimulai dari pembersihan hati atau meluruskan sikap, cara pandang dan pola pikir. Sejarah mencatat, bahwa sebelum melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad ﷺ dibersihkan terlebih dahulu batinnya dengan dibelah dadanya dan dibersihkan dari sifat-sifat yang buruk, dan diisi dengan keimanan, keislaman dan kesantunan.
Kajian terhadap masalah tersebut berkaitan erat dengan pentingnya masalah pembinaan sikap, moral, kepribadian, etika dan mental. Melalui pembinaan mental, seseorang akan memiliki sikap, pandangan, pola pikir, dan cara berfikir yang benar. Pembinaan mental harus dimulai dengan memberikan sikap, pandangan, pola pikir, dan cara berfikir yang benar. Islam datang untuk memperbaiki mental, yang dimulai dari perbaikan cara pandang. Isra’ Mir’aj mengajarkan kita agar memiliki wawasan tauhid, keseimbangan, uniiversalitas dan akhlak mulia.
Kelima, Isra Mi’raj mengandung ajaran tentang perlunya mengembangkan ilmu, kebudayaan dan peradaban, dengan dua cara. Pertama dengan mengambil inspirasi dari ajaran Islam sebagaimana terdapat di dalam al-Qur’an dan al-Sunnah, sedangkan yang kedua dengan cara menimba pengalaman dari kesuksesan yang dialami oleh para tokoh lainnya.
Pesan ajaran tentang pengembangan ilmu, kebudayaan dan peradaban yang dilandasi iman, akhlak mulia dan mental yang tangguh ini dapat dipahami dari perjalanan Isra’ Mi’raj yang diwarnai oleh bertemunya Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra’ Miraj, Nabi Muhammad ﷺ menjumpai sejumlah tokoh spiritual, tokoh masyarakat, tokoh perubahan sosial yang memiliki berbagai keahlian.
Nabi Ibrahim misalnya ahli dalam bidang teologi dan pertanian. Nabi Musa ahli dalam bidang militer; Nabi Isa ahli dalam bidang kedokteran, dan seterusnya. Tentang keahlian mereka itu diakui oleh Allah dan umat manusia.
Proses ini dilakukan karena terkait dengan tugas Nabi Muhammad ﷺ mengembangkan ilmu, kebudayaan dan peradaban. Bukti-bukti menunjukkan, bahwa secara sosiologi, historis dan psikologis, bahwa ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban tidak keluar dari ruang yang hampa, melainkan dari sebuah proses dialektika, antara informasi yang telah ada sebagai tesis dipadukan dengan hasil kajian terbaru sebagai anti tesis, maka lahirlah sintesis.
Keenam, bahwa berdasarkan hadis Rasulullah ﷺ serta penjelasannya yang diberikan para ulama, dalam peristiwa Isra Mi’raj tersebut, Nabi Muhammad ﷺ menerima tugas atau perintah khusus mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam.
هِيَ خَمْسٌ، وَهِيَ خَمْسُونَ، لاَ يُبَدَّلُ القَوْلُ لَدَيَّ”. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى، فَقَالَ: رَاجِعْ رَبَّكَ. فَقُلْتُ: اسْتَحْيَيْتُ مِنْ رَبِّي
Artinya: “Lima waktu itu setara dengan lima puluh waktu. Tak akan lagi berubah keputusan-Ku.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku kembali bertemu dengan Musa. Ia menyarankan, ‘Kembalilah menemui Rabbmu’. Kujawab, ‘Aku malu pada Rabbku’.” (HR Bukhari).
Perintah Shalat ini merupakan representasi, sampling atau model dari sekian perintah ibadah lainnya. Shalat menempati kedudukan sebagai salah satu rukun Islam setelah syahadat, shalat sebagai tiang agama (‘imaadu al-din), pembeda antara kafir dan mukmin (al-faariq bain al-kaafir wa al-mukmin), persoalan yang akan pertama diperiksa di akhirat; dan sebagai mi’rajnya kaum muslimin. Demikian pula hikmah telah dibahas di dalam al-Qur’an antara lain:
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Artinya: “Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”.(Q.S.al-Ankabut, 29:45).
Ketujuh, Memakmurkan masjid
Peristiwa Isra Miraj tentang perjalanan Nabi dari masjid alharam sampai masjid al-aqsha mengingatkan muslim untuk kembali memakmurkan masjid, yang tidak hanya lewat ibadah rutin.
Inilah di antara hikmah atau pelajaran yang berharga dapat dipetik dari peristiwa Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad ﷺ. Mudah-mudahan dapat kita pahami, hayati dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
Wallahul muwaffiq
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَالْعَصْرِ، إِنَّ الإِنسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ، إِلاَّ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.
Khutbah Kedua
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.
جَمَاعَةَ الْجُمُعَةِ، أَرْشَدَكُمُ اللهُ. أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهُ، وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا وَيَرْزُقُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ، وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا.
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ. اَللَّهُمَ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ انْصُرِ الْمُجَاهِدِيْنِ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ وَزَمَانٍ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ اْلأَبْرَارِ. رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِن قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ، وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ. اَللَّهُمَّ إِنَا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَجَنَّتَكَ وَنَسْأَلُكَ شَهَادَةً فِيْ سَبِيْلِكَ. اَللَّهُمَّ أَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُبْتَدِعَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ أَعْدَائَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ.
اَللَّهُمَّ شَتِّتْ شَمْلَهُمْ وَمَزِّقْ جَمْعَهُمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَلْقِ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ. اَللَّهُمَّ عَذِّبْهُمْ عَذَابًا شَدِيْدًا وَحَسِّبْهُمْ حِسَابًا ثَقِيْلاً. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.