Muslimah

Enam Tips Mudah Mengontrol Penggunaan Gawai pada Anak

Oleh : Adi Hadiyanto | Qoid Sariyah Muslimah Markaziyah Jamaah Ansharu Syariah

Anak adalah anugerah dari Allah yang sangat indah, kehadirannya sangat dirindukan oleh setiap pasangan suami istri. Namun tahukah kita bahwa anak itu adalah amanah yang harus kita jaga dan kita didik agar ia selamat dan bahagia di dunia dan di akhirat. Allah SWT berfirman ,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. (QS. At-Tahrim : 6)

Imam Ibnu katsir Rahimahullah dalam tafsirnya menerangkan bahwa wajib bagi orang tua untuk mendidik dan memerintahkannya untuk bertakwa kepada Allah SWT .

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi hari ini anak-anak dihadapkan dengan dunia yang bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi secara global dengan internet pada gawai.

Hal tersebut tentu bisa menimbulkan dampak yang positif dan juga negatif, sehingga penting bagi orangtua untuk mengontrol penggunaan gawai pada anak agar tidak terkena dampak negatif yang akan berakibat buruk pada anak.

Berikut enam tips mudah untuk mengontrol penggunaan gawai agar anak tidak berlebihan dalam menggunakannya dan agar mereka terhindar dari dampak negatifnya, karena beberapa studi menyatakan bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gawai bisa berakibat buruk pada anak:

  1. Mengatur durasi waktu. Terlalu lama menggunakan gawai menyebabkan seorang anak kurang bersosial, padahal interaksi sosial di dunia nyata sangat baik bagi perkembangan fisik dan kesehatan mentalnya
  2. Membuat aturan situs atau aplikasi mana yang boleh diakses dan mana yang tidak boleh. Membatasi akses merupakan upaya yang baik agar ada batasan ketika berselancar di dunia maya
  3. Bicara baik-baik dengan anak tentang bahaya penggunaan gawai jika tidak dibatasi. Biarkan mereka tahu bahwa dengan seperti itu menunjukkan betapa kita sangat peduli dan sayang kepadanya.
  4. Menggunakan gawai di tempat yang terlihat oleh orangtua agar lebih mudah mengontrol aktifitas anak.
  5. Mengajarkan kepada anak bagaimana caranya menggunakan gawai untuk belajar. Jelaskan kepadanya bahwa gawai bukan hanya digunakan untuk hiburan menghabiskan waktu sia-sia, tetapi juga sangat bermanfaat jika digunakan untuk belajar.
  6. Memperhatikan perubahan emosional anak. Boleh jadi terjadi perubahan emosional pada anak akibat tanpa sengaja melihat atau mengakses konten yang buruk, sehingga orang tua harus memberikan pengertian kepadanya.

Demikian tips mudah mengontrol penggunaan internet pada anak, semoga bermanfaat.

Tags
Lihat lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close